Entri Populer

Rabu, 06 Oktober 2010

MIND MAP: Belajar Sambil Bermain yang Membantu Mengoptimalkan Otak Kanan dan Otak Kiri

Tony_Buzan_Indonesia_JeniusTony Buzan telah mengubah hidup jutaan orang dengan Mind Map, sistem pencatatan revolusioner yang sangat membantu kita dalam setiap area kehidupan.

Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar otak. Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan “memetakan” pikiran-pikiran kita. Dan Mind Map juga sangat sederhana.
Kita bisa membandingkan Mind Map dengan peta kota. Pusat mind Mind Map mirip dengan pusat kota. Pusat Mind Map mewakili ide terpenting. Jalan-jalan utama yang menyebar dari pusat mewakili pikiran-pikiran utama dalam proses pemikiran kita, jalan-jalan sekunder mewakili pikiran-pikiran sekunder, dan seterusnya. Gambar-gambar atau bentuk-bentuk khusus dapat mewakili area-area yang menarik atau ide-ide menarik tertentu.

Sama seperti peta jalan, Mind Map akan :
  • Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas.
  • Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan dimana kita berada.
  • Mengumpulkan sejumlah besar data di suatu tempat.
  • Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.
  • Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat.
mind_map_indonesia_jenius
Mind Map juga merupakan peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkinkan kita menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Ini berarti mengingat informasi akan lebih mudah dan lebih bisa diandalkan daripada memnggunakan teknik pencatatan tradisional.

Semua Mind Map mempunyai kesamaan. Semuanya menggunakan warna. Semuanya memiliki struktur alamai yang memancar dari pusat. Semuanya menggunakan garis lengkung, simbol, kata,dan gambar yang sesuai dengan satu rangkaian aturan sederhana, mendasar, alami, dan sesuai dengan cara kerja otak. Dengan Mind Map, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi diagram warna-warni, sangat teratur, dan mudah diingat yang bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal.

Indonesia Jenius, sangat menyarankan bagi para siswanya setelah mengikuti training untuk mencoba belajar Mind Map. Karena sangat terbukti mampu membantu mengoptimalkan otak kanan dan otak kiri anak.

Sumber : Mind Map – Tony Buzan
Aktivasi Otak Tengah Indonesia Jenius terbaik di Indonesia pendidikan anak brainwave untuk pelatihan otak kanan kiri menjadi cerdas.